Facebook Ads menjadi salah satu platform yang banyak dipakai untuk mempromosikan dan menawarkan produk atau jasa. Oleh sebab itulah tidak mengherankan jika banyak perusahaan yang membuka privat FB Ads untuk membantu banyak pebisnis dan UMKM dalam digital marketing.
Dibandingkan dengan pemasaran konvensional, digital marketing menjadi pilihan terbaik karena dinilai lebih mudah dan praktis. Terlebih lagi saat ini banyakorang yang menggunakan sosial media seperti Facebook untuk mencari informasi apa saja.
4 Kelebihan Pakai Facebook Ads
Dengan memanfaatkan Facebook ads, maka strategi pemasaran akan jadi lebih matang dan bisa memberikan keuntungan. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika menggunakan Facebook Ads untuk pemasaran.
1. Lebih tepat sasaran
Fitur yang dihadirkan oleh Facebook Ads sendiri lebih spesifik sehingga bisa menyasar dari berbagai kalangan. Hal ini membuat tidak perlu khawatir jika iklan bisnis akan ditampilkan pada target yang salah. Pengiklan tidak hanya bisa memilih domisili dan bahasa dari calon pembeli saja.
Namun pengiklan juga bisa memilah target pasar berdasarkan beberapa hal. Contohnya mulai dari ketertarikan, jenis kelamin, dan usia pengguna. Lalu dari segi algoritma Facebook pun akan bekerja secara otomatis menampilkan iklan sesuai pengaturan yang dipilih.
2. Brand awareness meningkat
Pengguna aktif di Facebook tidak bisa diremehkan begitu saja. Platform sosial media ini bisa digunakan dari berbagai kalangan, sehingga akan semakin mudah untuk menargetkan. Dengan menggunakan Facebook Ads, maka bisa memperkenalkan usaha pada lebih banyak orang atau menaikkan angka penjualan.
3. Anggaran bisa disesuaikan
Untuk biaya yang dikeluarkan oleh pengiklan sendiri ditentukan dari jumlah impression, reach, dan engagement. Dalam hal ini bisa memasang anggaran tertentu sesuai kemampuan finansial bisnis yang dimiliki. Akan tetapi jika menginginkan tingkat konversi dan jangkauan tinggi. Tentunya harus menyiapkan lebih banyak anggaran untuk iklan.
4. Pilihan format iklan banyak
Facebook Ads sendiri mendukung berbagai jenis iklan, mulai gambar sederhana sampai animasi yang menuntut kemampuan produksi. Nantinya bisa berkreasi sesuka hati ketika merancang strategi konten digital marketing sesuai brand sendiri. Secara singkatnya, tidak perlu memberikan batasan diri pada satu format iklan jika ada banyak yang lebih cocok.
Tips Memilih Kelas Kursus Facebook Ads
Bagi yang ingin memulai belajar Facebook Ads namun masih bingung harus memilih tempat kursus dimana. Sebelum memilih tempat privat FB Ads bisa menggunakan beberapa tips berikut ini. Dengan begitu bisa memilih yang benar-benar tepat dan sesuai kemampuan.
1. Sudah berpengalaman
Pengalaman yang dimaksudkan disini adalah sudah pernah membuka kelas sebelumnya. Hal ini akan membantu para peserta menilai lebih mudah apakah tempat kursus ini layak untuk diikuti atau tidak. Selain itu nantinya akan ada testimoni yang dipasang di sosial media atau iklan landing page berikutnya.
Dengan begitu para peserta akan semakin lebih mudah untuk memantapkan hati apakah ingin ikut atau tidak. Pengalaman sangat perlu dipertimbangkan dengan baik agar nantinya bisa lebih nyaman selama mengikuti kursus Facebook Ads tersebut.
2. Cari tahu siapa mentornya
Langkah selanjutnya yang harus dicari tahu sebelum mengikuti privat FB Ads adalah mengenai siapa mentornya. Saat ini sudah ada banyak mentor kelas Facebook Ads, namun pastinya ada yang terkenal dan belum.
Apabila mentor yang mengajar ini sudah terkenal, maka kesempatan baik untuk ikut kelas Facebook Ads tersebut. Sebab bisa dipastikan bahwa jika mentornya sudah terkenal, maka akan memiliki banyak pengalaman. Hal ini tentunya akan membuat suasana ketika kelas jadi lebih nyaman.
3. Ketahui materi kelasnya
Hal lain yang tidak kalah penting adalah memastikan materi kelas sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta. Perlu diketahui bahwa tidak semua pengiklan sudah handal dalam beriklan di Facebook Ads. Sebab ada juga pengiklan yang benar-benar masih baru dan membutuhkan arahan.
Untuk pemula biasanya materi-materi dasar kelas Facebook Ads seperti pengenalan dashboard, jenis iklan, cara penempatan iklan dan lainnya. Namun untuk yang sudah expert biasanya akan mencari-cari kelas Facebook Ads yang memperbaharui cara beriklan simpel tetapi menghasilkan.
4. Cek fasilitas yang ditawarkan
Pastikan juga untuk memperhatikan fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh privat FB Ads tersebut. Umumnya antara satu kelas dengan lainnya akan memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Oleh sebab itulah harus memastikan dengan baik terlebih dahulu fasilitasnya seperti apa.
Adanya fasilitas yang lengkap tentunya akan memberikan kenyamanan dan keuntungan tersendiri kepada setiap peserta. Fasilitas umum yang biasa ditawarkan oleh tempat kursus adalah modul, rekaman ajar, dan masih banyak lainnya.
5. Pertimbangkan biaya kelas
Lalu yang terakhir adalah memastikan dengan jelas berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk ikut kelas tersebut. Sudah hal yang umum jika setiap kelas menawarkan biaya yang berbeda-beda. Mulai dari biaya murah sampai mahal.
Bagi pemula, akan lebih baik jika bisa memilih kelas dengan biaya yang terjangkau. Dengan begitu tidak perlu mengeluarkan anggaran dalam jumlah banyak. Namun tetap bisa mendapatkan ilmu Facebook Ads yang sepadan.
Tips Pakai Facebook Ads yang Tepat
Setelah mengikuti privat FB Ads, maka para peserta harus bisa mengimplementasikan sendiri. Namun sebelumnya harus membuat patokan terlebih dahulu agar bisa tepat dalam beriklan menggunakan Facebook Ads.
1. Menetapkan tujuan iklan & target audience
Akan lebih baik jika bisa menentukan tujuan dari iklan yang dibuat terlebih dahulu. Ini dimaksudkan agar iklan tidak salah sasaran. Dengan menetapkan tujuan di awal maka bisa memudahkan ketka membuat iklan nantinya.
Jika tujuan iklan sudah ada, selanjutnya pilih target demografi yang akan dicapai. Usahakan untuk tidak berhenti di lokasi umum saja. Pastikan untuk memperkaya rancangan persona audience dengan membuat pertimbangan usia, jenis kelamin, latar sosio-ekonomi, hobi, dan lainnya.
2. Membuat konten iklan menarik
Agar iklan jadi lebih menarik, maka harus bisa membuat konten iklan yang terbaik. Dalam iklan, kuncinya adalah desain visual dan tulisan menarik. Akan lebih baik jika menggunakan ilustrasi dan warna terang. Memperhatikan keselarasan warna dan kesesuaian dengan identitas brand. Juga harus memilih skema warna desain konten.
Lalu jangan lupa untuk membuat headline dan caption menjawab masalah pribadi. Adapun image perusahaan, pastikan bahasa yang dipakai untuk Facebook Ads langsung menyasar ke inti.
3. Manfaatkan fitur Facebook Ads
Tidak hanya memilih target audience berdasarkan kriteria saja. Namun juga harus memonitor aktivitas pengguna iklan atau website. Fitur-fitur ini akan memberikan wawasan mengenai jenis promosi efektif sebagai batu loncatan strategi.
4. Memilih format iklan
Jangan lupa untuk memilih format iklan yang tepat agar hasilnya sesuai dengan keinginan. Untuk format iklan sendiri ada beberapa jenis seperti carousel dan masih banyak lainnya.
Demikianlah pembahasan mengenai beberapa tips memilih privat FB Ads yang tepat untuk pemula dan expert. Facebook Ads sendiri memberikan banyak keuntungan bagi pengiklan tersebut.