Inilah Keuntungan Beriklan di Facebook yang Bisa Memajukan Bisnis

keuntungan-beriklan-di-facebook

Nyatanya, saat ini Facebook tidak hanya untuk berbagi kabar dan mencari teman saja. Akan tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis. Terdapat banyak keuntungan beriklan di Facebook yang akan didapatkan oleh para pebisnis nantinya.

Facebook Ads atau Iklan Facebook merupakan iklan yang akan tampil di beranda Facebook pengguna tertarget. Dikarenakan saat ini Facebook sudah melakukan merger dengan Instagram, maka iklan juga bisa tampil di platform tersebut.

8 Keuntungan Menggunakan Facebook Ads

Memanfaatkan Facebook Ads untuk mengembangkan bisnis akan memberikan banyak keuntungan tentunya. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika beriklan di Facebook.

1. Jangkauan Audience Lebih Luas

Seperti diketahui bahwa pengguna  Facebook saat ini sudah mencapai puluhan juta orang. Oleh sebab itulah akan lebih mudah untuk menjangkau audience yang tertarget pada iklan. Hal ini akan menjadi keuntungan beriklan di Facebook tersendiri karena memudahkan dalam menjangkau konsumen potensial.

Pengiklan sendiri pun bisa menargetkan audience sesuai keinginan. Misalnya memilih target berdasarkan usia, lokasi tempat tinggal, dan masih banyak lainnya. Semakin rinci target yang dipilih, maka peluangnya jauh lebih besar.

2. Call to Action Fleksibel

Dengan beriklan di Facebook maka bisa memakai call to action secara fleksibel sesuai keinginan dan kebutuhan. Call to action sendiri membantu untuk meningkatkan coversion rate. Semakin baik dan menarik call to action yang dibuat, maka dapat membuat target audience tertarik untuk membeli atau lainnya.

3. Dapat Banyak Like di Halaman Facebook

Lalu keuntungan beriklan di Facebook yang selanjutnya adalah bisa mendapatkan like lebih banyak di halaman Facebook atau fan page. Dengan like halaman Facebook maka pengguna tersebut akan bisa melihat postingan organik terbaru.

Perlu diketahui bahwa like postingan di Facebook sangat baik untuk engagement dan jangkauan. Hal ini bisa dipakai sebagai pondasi untuk pemasaran Facebook yang sedang dijalankan.

4. Dapat Trafik dari Pengguna Aktf

Iklan yang dibuat dan ditayangkan di Facebook sangat mungkin untuk dilihat sebagian besar pengguna dan bisa menjangkau berbagai demografi. Terlebih saat ini ada fitur toko di Instagram. Kombinasi keduanya akan membuat brand semakin dilirik oleh banyak pengguna aktif.

5. Brand Awareness Meningkat

Selanjutnya keuntungan beriklan di Facebook adalah mampu meningkatkan brand awareness. Perlu diketahui bahwa branding adalah hal penting dalam setiap bisnis. Facebook memiliki jumlah pengguna aktif yang banyak, inilah kesempatan terbaik untuk memperluas branding.

Semakin banyak orang yang mengenal produk atau jasa, maka membuat tertarik untuk melakukan pembelian atau action lainnya. Dengan begitu Facebook tidak hanya digunakan untuk berjualan saja, tetapi juga mengenalkan produk atau jasa ke banyak orang.

6. Biaya yang Digunakan Tidak Besar

Beriklan di Facebook juga memberikan keuntungan dari segi pengeluaran biaya. Dibandingkan dengan biaya iklan konvensinal yang harus menyewa bilboard, mencetak brosur, dan lainnya. Menggunakan Facebook Ads lebih terjangkau harganya.

Bahkan pengiklan bisa mengatur sendiri biaya yang dikelaurkan dalam waktu satu bulan untuk iklan. Hal ini tentunya bisa membantu menghemat pengeluaran dan memaksimalkan dengan lebih baik data yang didapatkan nantinya.

7.  Adanya Tools Marketing Efektif

Selain iti masih ada keuntungan beriklan di Facebook dimana terdapat tools marketing yang efektif. Remarketing ini akan membantu menampilkan kembali produk di kemudian hari kepada pengguna Facebook. Kemudian bisa memberikan penawaran menaik seperti diskon atau promosi lainnya.

Ini dilakukan untuk menarik lebih banyak kesempatan yang bisa dipakai sebagai lead dari konsumen. Tentunya hal ini akan membantu penjualan jadi semakin naik drastis.

8. Adanya Filter Blokir

Harus dipahami dengan baik juga bahwa tidak semua audience di Facebook itu tepat untuk mendapatkan iklan yang sudah dibuat. Saat ini Facebook sudah menyiapkan filter yang bisa dipakai untuk membatasi audince tidak diharapkan.

Nantinya iklan tidak akan muncul di aplikasi, video, dan halaman tertentu. Memanfaatkan filter ini, iklan akan jadi lebih efisien dan bisa meningkatkan ROAS atau Return on Ad Spend.

6 Kekurangan Iklan di Facebook

Selain keuntungan beriklan di Facebook pastinya juga ada kekurangannya. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika sebelumnya pemilik bisnis bisa melakukan pertimbangan secara lebih matang lagi. Berikut ini beberapa kekurangan jika beriklan di Facebook Ads.

1. Iklan Tidak Relevan

Ada beberapa iklan yang tidak ditargetkan sama sekali. Hal ini akan dapat membuat rugi karena tidak sesuai target pasar. Selain rugi dari segi sudah membayar iklan yang mungkin dengan jumlah mahal. Juga bisa membuat rugi karena tidak mendapatkan hasil sama sekali.

2. Sulit Mendapatkan Perhatian

Tidak semua orang yang menggunakan Facebook itu memperhatikan tayangan iklan. Bahkan beberapa orang yang sengaja skip atau melaporkan iklan karena mengganggu kenyamanan ketika sedang scrooling Facebook.

Oleh sebab itulah pemilik iklan harus bisa memutar otak untuk membuat iklan dapat menarik perhatian. Entah dari segi visual atau copywriting yang diubah. Sebab dua hal tersebut sangat berpengaruh pada keberlangsungan iklan yang sudah ditayangkan.

3. Tingkat Konversi & Klik Iklan Rendah

Kekurangan lain yang akan dialami oleh pengiklan adalah tingkat koversi dan klik iklan rendah. Selain rendah bahkan bisa membuat pengiklan menjadi kecewa, terlebih untuk pemula yang baru saja mencoba beriklan. Beriklan di Facebook harus benar-benar sabar agar bisa mendapatkan hasil lebih maksimal.

4. Rule Otomatis Tidak Berjalan

Terkadang meskipun sudah membuat rule otomatis untuk iklan. Namun dikarenakan beberapa bug yang terjadi di sistem Facebook membuat jadi tidak berjalan.  Apabila rule yang sudah dibuat tidak berjalan, maka harus melakukan monitor secara manual.

Dimana terkadang monitor manual ini masih sering dilupakan, sehingga bisa terjadi boncos atau hal lainnya pada iklan. Jika hal ini sampai terjadi, tentunya akan membuat rugi besar.

5. Banyak Gangguan

Selain itu adanya gangguan yang timbul dari ketidakteraturan iklan juga membuat kekurangan Facebook Ads. Sebagai contohnya ketika mengiklankan di kategori A, kemudian iklan muncul bersama iklan lain yang tidak sesuai kategori. Hal ini sering terjadi pada pengiklan di Facebook Ads.

6. Persaingannya Cukup Berat

Terakhir adalah persaingan iklan Facebook Ads ini cukup berat, sehingga pengiklan harus pintar-pintar menentukan target dan membuat visual. Ketika target iklan luas dan banyak kompetitor serupa, maka harus siap-siap bersaing dengan kompetitor yang lebih besar tentunya.

Facebook Ads sendiri akan efektif jika dipakai untuk beriklan di lingkup lokal suatu daerah saja. Lain hal jika ingin bersaing secara global, maka anggaran yang harus dipersiapkan tentunya harus benar-benar besar. Selain itu juga harus pede karena banyak kompetitor yang lebih baik dalam beriklan.

Demikianlah pembahasan mengenai keuntungan beriklan di Facebook dan kekurangannya yang harus diketahui. Pastikan untuk membuat pertimbangan yang matang terlebih dahulu sebelum menggunakan Facebook Ads sebagai tempat beriklan. Dengan begitu bisa mendapatkan hasil yang benar-benar memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *