Bagaiamana Cara Beriklan di Facebook Agar Tertarget? Simak Disini!

cara-beriklan-di-facebook-agar-tertarget

Facebook Ads menjadi salah satu cara yang paling banyak dipakai untuk berjualan. Namun di satu sisi lainnya harus bisa merelakan sebagian besar uang untuk beriklan. Sayangnya masih banyak yang bingung cara beriklan di Facebook agar tertarget paling tepat seperti apa.

Tips Memaksimalkan Target di Facebook Ads

Perlu diketahui bahwa Facebook menawarkan banyak sekali cara untuk menargetkan pelanggan potensial bagi setiap bisnis. Akan tetapi masih banyak yang belum tahu bagaimana cara untuk menargetkannya yang tepat. Berikut ini beberapa tips yang bisa dipakai memaksimalkan target iklan Facebook.

1. Mengetahui Minat Target Pelanggan

Di Facebook, pengiklan dapat menargetkan banyak orang sesuai dengan minat atau ketertarikan masing-masing. Terdapat banyak topik ketertarikan yang bisa ditargetkan dan diatur ketika akan beriklan. Target minat atau ketertarikan audience ini tentunya besar.

Oleh sebab itulah sebelum membuat target pelanggan, ada baiknya melakukan evaluasi kembali terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar nantinya bisa mendapatkan target audience yang lebih maksimal dan jumlahnya besar.

2. Mencari Informasi Riwayat Belanja Target Pelanggan

Secara tidak langsung perilaku online akan terekam nantinya. Mengombinasikan antara data dari berbagai sumber, maka Facebook bisa menyediakan siapa saja orang yang berpotensi untuk belanja produk. Nantinya bisa menargetkan secara lebih spesifik, contohnya pelanggan untuk tipe SUV mewah.

Untuk pilihan ini ada di bagian behavior ketika membuat iklan. Pengiklan dapat melakukan eksperimen dengan beberapa pilihan penargetan ini untuk menentukan cara yang lebih menguntungkan.

3. Menargetkan Berdasarkan Gaji

Apabila ingin menjual produk atau jasa dengan harga terjangkau, maka cara ini tentunya akan berguna. Pilihan ini memudahkan memilih target berdasarkan penghasiln, aset cair dan kekayaan bersih. Data pelanggan potensial akan tersaji berdasarkan usia, penghasilan, pekerjaan, kendaraan, dan lainnya.

4. Mengombinasikan Gender, Usia, & Tempat Tinggal

Lalu cara beriklan di Facebook agar tertarget adalah tidak hanya menargetkan berdasarkan area geografis saja. Namun juga bisa menambahkan grup dan gender sebagai kombinasi. Sebagai contoh, targetnya wanita dengan usia 25-35 dan tinggalnya di Jakarta. 

Tentunya hal ini dapat membantu menilai tingkat penghaslan dan kualitas hidup dari target pelanggan tersebut. Semakin detail, maka haislnya akan jadi lebih maksimal pastinya.

5. Membuat Visual yang Menarik

Hal lain yang bisa dilakukan ketika beriklan supaya lebih tertarget adalah membuat konten visual menarik. Dikarenakan promosi lewat online, maka pembuatan visual harus benar-benar menarik dan bisa membuat orang berhenti untuk melihat.

Dalam hal ini harus dipahami dengan baik komposisi warna, ukuran font, dan masih banyak lainnya. Apabila tidak memungkinkan membuat visual sendiri, maka bisa meminta bantuan jasa desain yang sudah banyak tersebar.

6. Membuat Copywriting yang Tepat Sasaran

Semua orang bisa menulis, tetapi tidak semua dapat membuat copywriting yang menarik dan tepat sasaran. Pengiklan harus bisa membuat 3 detik target audience berhenti pada iklan yang sudah dibuat.

Bisa dikatakan susah-susah gampang membuat copywriting karena harus melakukan riset terlebih dahulu. Akan tetapi jika sudah mendapatkan inspirasi, tentunya akan mudah untuk menulis apa yang harus ada di dalam copywriting iklan.

7. Mengonversikan Iklan dengan Baik 

Selanjutnya cara beriklan di Facebook agar tertarget adalah mengkonversikan iklan dengan baik. Maksudnya adalah membuat audience mengenal bisnis dan tertarik untuk membeli produk. Bisa dikatakan hal ini gampang-gampang susah, sehingga harus benar-benar tepat.

Kelebihan Beriklan di Facebok Ads

Setelah tahu cara beriklan di Facebook agar tertarget seperti apa, maka harus tahu kelebihan beriklan di platform ini tentunya. Berikut ini beberapa kelebihan yang akan didapatkan jika dapat dengan baik beriklan di Facebook.

1. Bisa Menentukan Target Pemasaran

Ketika memanfaatkan Facebook untuk beriklan maka akan diberikan kemudahan dalam menentukan target pemasaran. Mulai dari jangkauan, interaksi sosial, atau konversi penjualan lebih tinggi. Nantinya juga bisa memilih ingin menggunakan pilihan yang mana.

Dengan membuat target pemasaran yang lebih spesifik, tentunya akan membuat jadi bisa memilih mana pelanggan potensial atau tidak. Dengan begitu nantinya bisa dipakai untuk mendapatkan konversi yang lebih tinggi.

2. Aktivitas Branding Jadi Efisien

Branding adalah hal penting dalam penjualan, oleh sebab itulah menggunakan Facebook Ads dapat membantu perkenalan merek lebih mudah. Setelah iklan tayang, maka akan tampil di beranda jutaan pengguna Facebook yang sudah ditargetkan tentunya.

3. Mampu Menampilkan Beragam Konten

Terdapat banyak jenis konten iklan yang dapat dipilih untuk ditampilan di Facebook Ads. Contohnya banner penawaran, video singkat mengenai produk, sampai carousel yang menampilan beberapa gambar.

Namun perlu diketahui dengan baik terlebih dahulu bahwa pemilihan konten ini harus sesuai dengan produk yang akan diiklankan. Jangan sampai konten yang tidak relevan dengan video malah dibuat jadi video.

4. Impresinya Luas

Seperti diketahui bahwa Facebook termasuk salah satu sosial media dengan pengguna sampai puluhan juta di dunia. Ketika membuat iklan di Facebook maka akan mendapatkan jangkauan impresi yang luas dan bisa dimanfaatkan dengan baik.

Sebagai contohnya ada brand bar yang ingin mendapatkan pemasaran secara masif dan cepat, maka Facebook Ads jadi pilihan terbaik. Dengan memanfaatkan impresi ini maka bisa mendapatkan pelanggan pontesial.

5. Biaya yang Bisa Diatur

Banyak yang berpikir bahwa menggunakan Facebook Ads harus mengeluarkan anggaran dalam jumlah besar. Nyatanya anggaran iklan ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian. Dengan begitu tidak akan membuat mengeluarkan anggaran dalam jumlah banyak.

Akan tetapi pengiklan tetap harus bisa memperhatikan dengan baik bagaimana kualitas visual dan copywriting agar hasilnya lebih maksimal. Jika hasilnya maksimal maka anggaran sedikit pun tetap bisa mencapai jumlah target yang diinginkan.

6. Hasil Report yang Lengkap

Kelebihan lain yang didapatkan ketika memanfaatkan Facebook Ads adalah bisa mendapatkan hasil laporan yang lengkap. Dengan begitu bisa dipakai untuk kebutuhan perbaruan campaign dan lainnya juga.

Kekurangan Menggunakan Facebook Ads

Disamping ada kelebihan, Facebook ads juga memiliki kekurangan yang harus diwaspadai oleh pengiklan. Berikut ini beberapa kekurangan yang harus diketahui sebelum menjalankan iklan.

  • Facebook Ads memiliki persaingan yang tinggi, sehingga harus bisa menyediakan konten dan peranwaran menarik agar tidak diabaikan user.
  • Terkadang hasil konversi yang dibuat dari Faceboo ads tidak tercapai sehingga harus benar-benar tepat dalam pembuatan campaign ini.
  • Minat pengguna akun Facebook & Instagram sendiri terbilang kurang relevan. Dalam hal ini akan membuat kesulitan ketika menentukan target yang potensial.
  • Memang benar bisa membuat aturan otomatis di Faceook ads. Tetapi kekurangannya adalah rule ini sering tidak berjalan sesuai dengan keinginan dikarenakan adanya bug atau error. Oleh sebab itulah harus melakukan monitor manual.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa cara beriklan di Facebook agar tertarget untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan untuk memilih jasa iklan yang berpengalaman jika ingin menggunakan layanannya. Dengan begitu bisa mendapatkan hasil lebih maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *