Inilah Cara Belajar FB Ads Paling Mudah dan Efektif

belajar-fb-ads

Facebook merupakan platform media sosial yang memiliki pengguna terbanyak. Ini menjadi peluang emas bagi para pebisnis dalam mempromosikan bisnis melalui media sosial yang satu ini. Ditambah lagi dengan adanya fitur iklan Facebook atau Facebook ads. Pebisnis sangat diwajibkan untuk belajar FB ads. Ini akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis menjadi lebih untung dan maju. 

Untuk belajar Facebook ads sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dengan mencari informasi di youtube, membaca artikel, mengikuti kursus atau belajar dengan teman sendiri. Keuntungan saat belajar Facebook ads sendiri sangat banyak. Dimana promosi produk bisa menjangkau lebih banyak audience. Bahkan ada banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan saat memilih Facebook ads. 

Ketahui Keuntungan Menggunakan Facebook Ads

Sebelum belajar FB ads alangkah baiknya untuk mengetahui keuntungan memilih iklan Facebook ads. Keuntungan yang didapatkan saat menggunakan Facebook ads tidaklah sedikit. Hal ini membuat banyak pebisnis yang ingin segera memanfaatkan kesempatan emas ini. Bahkan tak sedikit pebisnis yang rela merogoh kocek untuk beriklan dengan jasa Facebook ads. Namun jika ingin belajar sendiri juga tidak ada salahnya. 

Adapun keuntungan menggunakan Facebook ads adalah sebagai berikut ini. 

1. Budget dapat disesuaikan

Budget merupakan salah satu faktor utama dalam menjalankan bisnis. Seperti yang sudah disinggung, jika ingin simpel memang menggunakan jasa FB ads. Namun tentu saja perlu biaya tambahan untuk membayar jasanya. Sedangkan belajar FB ads sendiri juga mudah sehingga biaya yang dikeluarkan nantinya juga lebih terjangkau. 

Selain itu dengan belajar Facebook ads juga sangat mempermudah pengelolaan biaya iklan. Dimana minimal untuk beriklan Facebook sendiri cukup dengan 1 dolar saja. Jika dibandingkan dengan iklan konvensional tentu saja lebih murah memilih iklan dengan Facebook ads. 

2. Penargetan yang lebih efektif

Iklan yang dibuat fi Facebook memiliki penargetan yang bisa sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Ada banyak sekali titik penargetan yang bisa digunakan seperti dengan usia, jenis kelamin, lokasi, ketertarikan dan masih banyak lagi. Tentu adanya hal ini akan membuat iklan jadi lebih efektif karena sesuai dengan pasar yang lebih spesifik. 

3. Jangkaun target yang luas

Di Indonesia sendiri pengguna Facebook sudah ada lebih dari ratusan juta. Setidaknya dengan Facebook ads iklan dapat menjangkau audience yang lebih banyak. Tentu saja ini sangat mengembangkan bisnis. Namun dalam hal ini iklan juga tidak hanya terbatas untuk negara Indonesia saja. Karena iklan sendiri dapat menjangkau ke seluruh dunia. 

4. Analisa lanjutan

Data yang didapatkan setelah menjalankan iklan ternyata memiliki peran yang sangat penting. Data yang didapatkan dari sebuah iklan sendiri terdiri dari impresi, jangkauan, CTR, data pelanggan dan masih banyak lagi. Data-data yang didapatkan bisa menjadi penentu iklan selanjutnya. 

Selain itu adanya data juga menjadi tolak ukur keberhasilan dari sebuah iklan. Cara ini lebih efektif juga untuk menjalankan iklan dengan jangka yang panjang. Karena tanpa adanya analisa iklan sangat disayangkan jika nantinya iklan jadi boncos. 

5. Meningkatkan brand awareness

Pengguna Facebook memeriksa news feed beberapa hari sekali. Ini menjadi peluang agar target pasar bisa berulang kali menerima paparan iklan yang sudah dipasang. Bisa jadi juga jika audience diawal belum tertarik namun jika sering melihat iklan akan menjadi tertarik. Membiarkan iklan berjalan dalam jangka waktu yang cukup lama dapat membangun kepercayaan audience juga. 

Inilah Cara Belajar FB Ads Paling Mudah

Setelah mengetahui keuntungan mengiklan di Facebook, tentu pebisnis segera ingin belajar FB ads bukan? Untuk belajar Facebook ads sendiri harus melalui beberapa hal. Walaupun saat belajar memang terlihat cukup sulit namun faktanya setelah sudah bisa beriklan tentu akan sangat mudah. Langkah awal yang disiapkan dalam menjalankan iklan Facebook ads sendiri juga sangat mudah sekali.

Mau tahu cara untuk menjalankan iklan tersebut? Yuk belajar FB ads dengan membaca artikel dibawah ini. 

1. Membuat halaman Facebook

Jika sudah memiliki Facebook utama, kini saatnya membuat halaman Facebook. Proses pembuatan halaman Facebook sendiri melibatkan nama dari komunitas atau perusahaan. Dalam halaman juga perlu diisi informasi lengkap terkait informasi perusahaan. Seperti alamat, jam buka, foto produk, nomor WA dan masih banyak lainnya. Informasi lengkap akan membuat audience lebih percaya dengan bisnis tersebut. 

2. Menautkan halaman dengan Instagram

Beriklan dengan Facebook sangat memudahkan pengguna Instagram juga. Karena dalam proses iklan Facebook bisa sekaligus menjalankan iklan untuk Instagram. Untuk menautkan halaman dengan Instagram caranya cukup mudah. Cukup memilih menu akun tertaut pada halaman Facebook kemudian klik Instagram. Isikan data login Instagram dan otomatis Instagram akan terhubung. 

3. Buka ads manager

Untuk membuat iklan melalui Facebook, pengiklan membutuhkan login Facebook dan masuk ke halaman ads manager atau pengelola iklan. Ads manager sendir merupakan wadah dari semua kebutuhan iklan. Fitur-fitur yang dibutuhkan dalam beriklan bisa didapatkan dari halaman yang satu ini. 

4. Gunakan Business Manager

Supaya iklan lebih mudah, aman dan memiliki fitur yang lebih lengkap. Business manager adalah salah satu pilihan untuk beriklan. Business manager sendiri bisa dibuat melalui Facebook utama. Umumnya satu Facebook bisa membuat satu BM. Agar bisa mengamankan Facebook sendiri direkomendasikan juga untuk menggunakan Facebook dengan nama dan informasi sesuai identitas kependudukan. 

5. Buat dan tentukan kampanye iklan

Setiap kampanye iklan terhubung dengan satu tujuan iklan. Dimana ada dengan tujuan traffic, konversi atau bahkan WA saja. Menentukan tujuan iklan sangat penting juga untuk mencari kualitas audience serta kesamaan audience dengan target yang dipilih. Karena Facebook akan mencarikan audience sesuai dengan tujuan iklan yang sudah disetting. 

Dalam kampanye sendiri juga masih terdiri dari ad set dan ads. Untuk adset sendiri terdiri dari settingan penempatan, penargetan, lokasi, perangkat, jadwal tayang dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk ads sendiri digunakan untuk menempatkan konten iklan yang akan disampaikan kepada audience. 

6. Menentukan anggaran iklan

Untuk anggaran iklan sendiri terbagi menjadi dua dimana bisa diletakkan pada kampanye atau pada adset. Untuk menempatkan anggaran pada kampanye maka Facebook nantinya akan menyebarkan anggaran sesuai rekomendasi dari Facebook mana iklan yang potensial. Sedangkan anggaran ad set adalah anggaran yang diatur sama rata dari setiap adset yang dibuat namun nanti biayanya juga bisa dinaikkan jika iklan dirasa potensial. 

7. Lakukan penambahan metode pembayaran

Agar bisa beriklan dan segera mendapatkan audience, maka tak lupa juga untuk menambahkan metode pembayaran. Untuk metode pembayaran yang bisa digunakan adalah visa debit atau kredit. Namun adanya belajar FB ads pengiklan juga bisa menggunakan sistem pembayaran Top Up visa rekening juga. 

Nah itulah cara mudah untuk melakukan iklan Facebook ads. Agar tidak mengecewakan dalam beriklan. Cobalah untuk memilih belajar FB ads di tempat kursus Facebook ads. Dimana semua informasi Facebook ads bisa didapatkan. Bahkan mudah juga untuk praktik langsung dan bisa langsung beriklan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *