Beberapa Hal yang Dipersiapkan Sebelum Mengikuti Kelas Fb Ads

kelas-fb-ads

Di era digital seperti saat ini, menjalankan promosi dengan bantuan digital advertising menjadi sebuah keharusan. Seiring berjalannya waktu platform iklan digital pun semakin powerful. Salah satunya adalah Facebook ads. Belajar beriklan pun tak lagi sulit karena ada kelas fb ads. Menjalankan iklan Facebook sendiri lebih mudah dibandingkan iklan lainnya. Bahkan biaya yang dibutuhkan pun juga tidak terlalu mahal. 

Wajib diketahui juga bila potensi untuk mendapatkan customer melalui Facebook ads pun sangat besar. Selain itu menjalankan iklan dengan Facebook juga terbilang lebih efektif karena banyak fitur yang mempermudah advertiser. Layaknya dengan penargetan spesifik juga platform beriklan yang luas. Hal ini yang membuat kelas fb ads banyak dicari guna membantu upaya promosi bisnis menjadi lebih unggul.

Persiapan Kelas Fb Ads

Sebelum mengikuti kelas fb ads tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa persiapan dalam beriklan. Hal ini untuk mempermudah mengikuti kelas dan tidak tertinggal dengan teman lainnya. Adapun beberapa persiapan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut ini. 

1. Mindset beriklan menggunakan Facebook

Mindset dalam beriklan sendiri sangat banyak sekali. Sebagai advertiser harus menyadari bahwa menjalankan iklan Facebook haruslah berbayar. Karena Facebook sendiri mencari audience yang tepat maka harus tahu juga siapa orang yang akan ditargetkan. Selain itu melalui iklan Facebook juga akan bersaing dengan pengiklan lainnya atau kompetitor. 

Tentu jika menjalankan iklan secara asal-asalan akan menerima risiko. Bahkan dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam beriklan karena era digital memiliki trend masing-masing. Maka sebagai advertiser juga harus terus belajar agar tidak tertinggal dengan hal-hal lainnya. 

2. Memiliki akun Facebook

Salah satu syarat wajib yang diperlukan dalam menjalankan iklan Facebook adalah memiliki akun Facebook. Karena ini menjadi kunci utama untuk bisa menjalankan iklan tersebut. Untuk akun Facebook sendiri sangat direkomendasikan menggunakan nama dan informasi yang sesuai dengan identitas pemilik. 

Hal ini bertujuan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti cek poin atau dibatasi oleh pihak Facebook. Selain itu isi informasi selengkap-lengkapnya supaya Facebook semakin percaya bila Facebook tersebut milik pribadi bukan lagi hasil dari robot. 

3. Membuat fanspage

Kemudian yang dibutuhkan dalam menjalankan iklan Facebook ada dengan halaman (page). Dimana ini menjadi wadah untuk bisa menjalankan iklan. Umumnya halaman sendiri dibuat sesuai dengan nama bisnis atau instansi yang akan diiklankan. Halaman sendiri di buat dari Facebook utama yang menunya ada di bagian beranda. 

4. Membuat akun iklan

Selanjutnya untuk memulai beriklan tentu dibutuhkan sekali akun iklan. Untuk membuat akun iklan sendiri dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu melalui akun personal dan akun BM (Business manager). Untuk membuat keduanya langkah yang dilakukan sama. Namun perlu diketahui untuk menjalankan iklan yang lebih direkomendasikan untuk menggunakan akun iklan dari BM. 

5. Memahami dashboard dan pengaturan ads manager

Dalam belajar menjalankan iklan Facebook disarankan untuk paham terlebih dahulu terkait dengan dashboard. Tentu ada banyak sekali menu yang disebar pada bagian dashboard seperti dengan account overview, campaigns, setting, notification, search, help, report a problem dan masih banyak lagi. 

Setiap nama memiliki fungsinya masing masing. Layaknya campaigns yang nanti isinya adalah iklan yang sudah dibuat. Kemudian dengan setting adalah menu untuk melakukan setting pada dashboard tersebut. Jadi perlu diketahui satu persatu agar tidak bingung saat menjalankan iklan. 

6. Mempersiapkan konten

Kebutuhan yang tak kalah penting untuk melakukan iklan Facebook adalah konten. Tentu saja konten yang dipersiapkan disesuaikan dengan objektif dan tujuan iklan yang ingin dicapai. Tak lupa juga untuk menyesuaikan konten yang digunakan sesuai dengan format, penempatan dan hal lainnya. Supaya lebih menarik tak lupa untuk membuat konten dengan promosi atau penawaran menarik. 

7. Pahami cara membaca data laporan iklan

Tak luput untuk memahami bagaimana cara membaca data laporan hasil iklan. Tentu agar iklan yang berjalan dapat dioptimalkan bila hasil kurang memuaskan. Selain itu analisa iklan perlu dilakukan agar iklan berjalan dengan hasil terbaik serta sesuai yang diharapkan. 

Setelah mengetahui persiapan dalam beriklan, berikutnya seorang advertiser harus tahu juga langkah dalam menjalankan iklan. Supaya saat menjalankan iklan tidak gugup dan bisa mengikuti kelas dengan seksama dan tidak gugup. 

Ketahui Langkah-Langkah Menjalankan Iklan di Kelas Fb Ads

Ada beberapa hal yang tentunya harus diperhatikan dalam menjalankan iklan Facebook. Ada beberapa langkah yang harus dipahami agar menjalankan iklan lebih lancar dan bisa mengatasi kendala. Adapun sebagai berikut ini. 

1. Pahami cara kerja dan algoritma iklan Facebook

Dalam hal ini advertiser harus tahu cara dalam membuat iklan agar sampai kepada audience yang ditarget, fase-fase dalam iklan dan juga perhitungan jumlah tayangan. Selain itu advertiser juga perlu mengetahui algoritma seperti dengan inventory, signal, prediction dan relevance scoring.

2. Kenali struktur iklan pada Facebook ads

Untuk struktur dalam beriklan sendiri terdapat 3 bagian dimana ada account, ad set dan ads. Ketiga bagian tersebut memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Seperti dengan pengaturan objektif iklan dapat ditemukan pada struktur account. Sedangkan untuk penargetan dapat ditemukan pada adset dan untuk membuat konten iklan dapat ditemukan pada menu Ads. 

3. Pahami berbagai objektif iklan

Ada beberapa objektif yang umum digunakan kelas fb ads. Namun untuk saat ini perlu untuk diketahui bahwa ada banyak sekali objektif yang ada di dalam Facebook ads. Seperti dengan brand awareness, traffic, interaksi, prospek, aplikasi dan juga penjualan. Dari setiap menu memiliki subnya juga layaknya dengan interaksi yang terdiri dari like komen, Interaksi Whatsapp dan lain sebagainya. 

Untuk objektif sendiri perlu disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan. Seperti dengan memilih objektif prospek jika ingin mendapatkan lead dari website. Atau ingin melakukan penjualan langsung pada website yang bisa memilih objektif penjualan. 

4. Kuasai berbagai jenis iklan

Ada beberapa tipe targeting yang dapat dilakukan saat mengikuti kelas fb ads. Dimana ada penargetan berdasarkan perilaku, geografi, lokasi, jenis kelamin, usia, ketertarikan, hubungan, status pekerjaan, interaksi, database dan LLA. Tentu setiap pengiklan dapat menggunakan beberapa namun harus benar-benar disesuaikan dengan produk agar iklan sampai di tangan yang tepat. 

5. Tentukan metrik untuk mengukur efektivitas iklan

Setelah menjalankan kampanye iklan ada materi yang nantinya harus diukur seperti dengan klik, impresi, penayangan dan masih banyak lagi. Namun untuk mengukur berbagai hal tersebut ada matrik khusus yang harus diketahui seperti dengan CTR, CPA, CAC, ROAS dan masih banyak lagi. Tentu saja jika mengikuti kita akan tahu lebih detailnya. 

Itulah hal yang dapat diketahui dalam Facebook ads. Semua akan lebih detail dan jelas setelah mengikuti kelas fb ads, karena masih banyak hal yang harus diketahui agar iklan bisa berjalan sesuai dengan harapan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *