Facebook tidak hanya sebagai platform untuk berbagi foto dan video atau mencari teman saja. Tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk berjualan atau memperkenalkan sebuah layanan. Oleh sebab itulah banyak yang ingin belajar iklan di Facebook untuk meningkatkan penjualan.
Dengan memanfaatkan Facebook maka bisa menjangkau lebih banyak target audience yang tepat untuk dijadikan pembeli. Di Facebook sendiri pun tidak hanya bisa mendapatkan klik berupa konversi saja. Tetapi juga bisa unduhan aplikasi, pengisian form, dan masih banyak lainnya.
Apa itu Facebook Ads?
Facebook Ads atau sekarang dikenal Meta Ads merupakan platform dari Facebook yang bisa dimanfaatkan untuk iklan berbayar. Platform satu ini sangat terkenal di seluruh dunia dikarenakan iklan bisa muncul saat melihat story Instagram atau lewat beranda Facebook.
Iklan ini biasa ditempatkan pada timeline atau (feed) atau sidebar. Sedangkan untuk materi yang digunakan berupa foto, carousel, atau video. Sebelum beriklan harus membuat Facebook Ads Manager terlebih dahulu dan belajar hal-hal lainnya.
Tips Belajar Iklan Facebook untuk Pemula
Bagi pemula yang ingin belajar iklan di Facebook agar bisa memasarkan produk atau layanan. Sebelumnya harus mengetahui beberapa hal berikut ini terlebih dahulu. Dengan begitu nantinya bisa mengembangkan ilmu yang dimiliki agar tidak tertinggal dengan pengiklan lainnya.
1. Definisikan tujuan iklan
Sebelum beriklan, harus bisa menentukan tujuan iklan sendiri itu untuk apa. Apakah ingin meningkatkan interaksi untuk produk atau layanan. Atau ingin mendapatkan pengguna baru dan lainnya. Langkah belajar iklan di Facebook ini akan membantu pemahamanan apa yang dijadikan target.
Dengan begitu nantinya bisa membuat iklan yang sesuai dengan kebutuhan orang lain. Membuat iklan yang sesuai dengan target audience tentunya akan memberikan keuntungan tersendiri.
2. Pahami audience, monitor, dan improve
Lewat dashboard Ads manager nantinya bisa melihat performa iklan yang sudah ditayankan. Apakah sudah sesuai dengan rencana dan ekspektasi atau belum. Facebook Ads memungkinkan melakukan penelusuran informasi lebih mendetail. Contohnya hasil iklan dari waktu ke waktu dan demografinya.
Dengan melakukan monitor maka bisa meningkatkan perfoma iklan yang sudah dijalankan. Sebagai contohnya lewat dashboard Ads manager bisa tahu audience mana yang tertarik dengan jenis iklan tertentu atau kelompok.
3. Tentukan target audience
Pemula yang belajar iklan di Facebook juga harus belajar bagaimana cara menentukan target audience dengan tepat bagaimana. Sebab target audience sendiri ada banyak macamnya berdasarkan umur, gender, dan lainnya.
Nantinya pengiklan harus bisa melakukan riset mendalam mengenai kelompok mana yang mempunyai keterkaitan dengan produk atau layanan. Dengan begitu nantinya target audience yang dipilih sudah sesuai dan bisa melakukan konversi sesuai keinginan pengiklan.
Keuntungan Menggunakan Facebook Ads
Dengan memanfaatkan Facebook Ads tentunya akan memberikan keuntungan sendiri bagi bisnis yang sedang dijalankan. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapatkan pemilik bisnis ketika menggunakan Facebook Ads.
1. Budget bisa disesuaikan
Setiap pebisnis pastinya sudah mempersiapkan jumlah anggaran yang dipakai untuk beriklan di Facebook ads. Lewat Facebook Ads, nantinya bisa mengatur anggaran sesuai iklan. Dibandingkan dengan platform iklan digital lainnya, Facebook Ads memang dikatakan lebih murah. Terlebih jika dibandingkan dengan iklan konvensional.
2. Buat target efektif
Iklan yang dibuat Facebook bisa disesuaikan dnegan target bisnis sendiri. Contohnya dari data usia, jenis kelamin, lokasi, ketertarikan dan lainnya. Dengan begitu iklan akan jadi lebih efektif karena pasar yang dipilih pun lebih spesifik.
3. Jangkauan target luas
Seperti yang sudah diketahui bahwa jumlah pengguna Facebook sudah mencapai puluhan juta di Indonesia. Hal ini tentunya akan membantu membuat jangakau target jadi lebih luas. Hal ini tentunya memberikan keuntungan tersendiri untuk pengiklan.
Semakin luas target yang dijangkau, maka kesempatan untuk mendapatkan audience potensial lebih besar. Tentunya bisa dijadikan analisa untuk mendapatkan konversi yang benar-benar tepat.
4. Dapat analisa lanjutan
Data yang didapatkan dari hasil iklan itu sangatlah penting. Contohnya CTR, impresi, jangkauan, conversion rate, dan lainnya bisa didapatkan untuk dianalisa secara berkelanjutan. Nantinya juga bisa mengukur tingkat keberhasilan dari kampanye iklan. Buat strategi yang efektif untuk kampanye iklan.
5. Brand awareness meningkat
Sudah umum jika pengguna Facebook akan memeriksa beranda untuk mendapatkan informasi. Hal ini bisa menjadi peluang target pasar karena bisa menerima exposure iklan yang sudha dipasang. Bahkan jika target audience tidak tertarik, iklan yang tayang terus-terusan bisa saja dilirik.
Tips Memilih Tempat Kursus Iklan Facebook
Bagi yang ingin belajar iklan di Facebook tetapi belum menemukan yang terpercaya. Ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut ini. Dengan begitu nantinya bisa mendapatkan tempat kursus yang terbaik dan terpercaya.
1. Mencari informasi sebanyak mungkin
Untuk hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencari sebanyak mungkin informasi mengenai tempat kursus iklan Facebook. Semakin banyak informasi yang didapatkan maka bisa membuat pertimbangan lebih matang. Tentunya sudah diketahui sendiri bahwa ada banyak tempat kursus Facebook Ads saat ini.
2. Memastikan materi yang ada
Jangan lupa untuk memastikan materi belajar apa saja yang ada. Pastikan materi yang ada mencakup semua hal tentang Facebook Ads. Terlebih jika kelas kursus tersebut untuk pemula. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba mendaftar. Materi sangat penting dipertimbangkan karena akan berpengaruh pada strategi beriklan nantinya.
3. Memastikan proses belajarnya
Maksudnya adalah apakah belajar iklan di Facebook ini dilakukan secara online atau offline. Terdapat kelebihan dan kekurangan sendiri jika kelas dilakukan secara offline atau online. Apabila kelas dilangsungkan secara offline, maka bisa bertemu dengan pengajar langsung dan bisa menanyakan hal-hal teknis lainnya. Sayangnya tidak semua orang bisa datang ke kelas tersebut.
Sedangkan jika kelas berlangsung secara online maka bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Sayangnya tidak bisa langsung tatap muka, dan terkadang pembelajaran hanya berupa video saja.
4. Mempertimbangkan biayanya
Lalu dari segi biaya yang harus dikeluarkan untuk ikut belajar iklan Facebook pun penting dipertimbangkan. Pertimbangkan dengan baik apakah biaya yang ditawarkan sepadan dengan apa yang didapatkan. Contohnya dari segi materi, bonus, fasilitas, dan masih banyak lainnya.
Apabila harga yang ditawarkan mahal namun dari segi materi worth it dan mendapatkan banyak keuntungan. Tentunya tidak akan menjadi masalah, karena investasi tersebut benar-benar tepat dan memberikan kepuasan.
5. Memastikan fasilitas
Terakhir adalah memastikan apakah mendapatkan fasilitas yang layak atau tidak. Contohnya mendapatkan sertifikat, modul pembelajaran, grup diskusi, dan masih banyak lainnya. Fasilitas sendiri merupakan hal penting dan dasar yang harus didapatkan oleh peserta kursus.
Demikianlah beberapa tips belajar iklan di Facebook yang bisa dicoba sendiri. Selain itu juga ada beberapa tips untuk memilih tempat kursus Facebook Ads yang berpengalaman dan terpercaya. Memilih kursus Facebook Ads sendiri memang gampang-gampang susah.