Facebook Ads menjadi salah satu platform iklan yang banyak digunakan untuk mendapatkan konversi penjualan, unduh aplikasi, dan lainnya. Tidak mengherankan jika metode ini banyak dicari untuk mempromosikan produk atau jasa. Untuk cara buat iklan di Facebook Ads sendiri pun terbilang mudah.
Meskipun dikatakan mudah, namun bukan berarti bisa asal buat dan meluncurkan saja. Ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik sebelum menjalankan iklan ini. Mulai dari content marketing, visual, tujuan, target market, dan lainnya.
Keuntungan Pakai Facebook Ads
Menjalankan Facebook Ads tidak hanya bisa meningkatkan konversi saja. Akan tetapi juga bisa memberikan banyak keuntungan yang lainnya. Berikut ini beberapa keuntungan yang nantinya akan didapatkan oleh pengguna Facebook Ads.
1. Anggaran bisa disesuaikan
Lewat Facebook Ads maka bisa mengatur anggaran untuk iklan. Dibandingkan iklan konvensional, Facebook Ads atau iklan digital lainnya bisa lebih murah. Oleh sebab itulah ada banyak orang tertarik untuk promosi bisnis atau layanan lewat Facebook Ads ini.
2. Efektif dalam penargetan
Pengiklan Facebook Ads bisa memilih target yang sesuai dengan bisnis. Ini dikarenakan adanya fitur untuk memilih jenis kelamin, lokasi, ketertarikan, usia, dan lainnya. Dengan begitu iklan yang dibuat nantinya bisa lebih efektif dan sesuai target pasar pastinya.
3. Jangkauan target luas
Pada tahun 2020, pengguna Facebook sudah mencapai lebih dari 150 juta. Artinya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menjangkau lebih besar lagi. Beriklan menggunakan Facebook Ads sendiri bisa menjangkau semua lokasi, bahkan bisa ke seluruh dunia.
4. Brand awareness meningkat
Iklan yang dibuat nantinya akan tayang diseluruh feed target pasar. Hal ini tentunya akan membantu meningkatkan brand awareness sehingga bisa dikenal oleh banyak orang. Jika audience tertarik maka bisa berpotensi membantu membangun kepercayaan.
Cara Membuat Iklan Berbayar di Facebook Ads
Sebelum menjalankan iklan, pengiklan harus tahu cara buat iklan di Facebook Ads terlebih dahulu. Dikarenakan terdapat beberapa langkah penting yang harus dipertimbangkan dengan baik agar hasilnya memuaskan. Berikut ini langkah buat iklan di Facebook Ads yang tepat.
1. Buat halaman facebook
Halaman Facebook atau Fan Page merupakan salah satu hal penting yang harus ada untuk membuat iklan. Ini dikarenakan sebagai tempat untuk menyebarluaskan iklan yang dibuat. Buatlah halaman Facebook yang sesuai dengan produk atau layanan.
Perlu diketahui bahwa halaman Facebook yang dimiliki bisa digunakan untuk mengiklankan brand berbeda. Namun akan lebih baik jika satu halaman Facebook untuk 1 brand atau produk serupa saja.
2. Login ke Facebook Ads Manager
Lalu cara buat iklan di Facebook Ads selanjutnya adalah masuk ke akun Facebook Ads. Iklan dapat dikelola secara mendalam lewat fitur klik Meta Business Suite & Login. Pastikan juga untuk mempelajari kiat-kiat membuat Facebook Ads yang menarik. Ini dimaksudkan agar audience bisa melihat iklan dan melakukan konversi.
Dikarenakan beriklan lewat online, artinya content marketing (visual & tulisan) haruslah menarik. Selain itu juga tidak melanggar komunitas Facebook Ads yang ada. Tentunya tidak ingin iklan yang sudah dijalankan ternyata dihentikan karena melanggar kebijakan bukan?
3. Tentukan objektif iklan
Selanjutnya adalah memilih objektif iklan atau sasaran yang ingin dicapaki iklan. Untuk objektif iklan sendiri ada 6 macam dan mempunyai spesifik serta manfaat berbeda-beda. Di antaranya ada awareness yang ingin mengenalkan produk/layanan ke lebih banyak orang. Traffic untuk menunjukkan lokasi atau halaman sebuah produk atau layanan.
Kemudian ada engagement yang dipakai untuk meningkatkan interaksi konten online. Lalu ada leads yang sering dipakai untuk dijadikan konsumen oleh banyak pengiklan. App promotion yang berguna membantu mendorong orang melakukan install aplikasi di gawai. Terakhir ada sales untuk mencari pembeli mengenai produk yang ditawarkan.
4. Pilih anggaran
Kemudian cara buat iklan di Facebook Ads berikutnya adalah menentukan anggaran. Agar iklan dapat tayang di beranda pengguna Facebook yang sudah ditargetkan maka harus membayar sekian rupiah. Untuk sebagain orang mengatakan bahwa biaya iklan Facebook Ads terbilang mahal.
Akan tetapi jika dibandingkan dengan metode pemasan konvensional masih jauh lebih murah Facebook Ads. Nantinya pihak pengguna iklan Facebook Ads ini dapat mengatur biaya iklan sesuai anggaran yang tersedia dan usahakan untuk selalu mengeceknya.
5. Pilih audience
Berikutnya adalah memilih target audience secara akurat mengenai siapa saja yang akan melihat iklan setelah tayang nantinya. dimulai dari lokasinya, usia, jenis kelamin, bahasa, dan masih banyak lainnya. Semakin detail target audience maka hasil yang didapatkan tentunya jadi lebih baik.
Contohnya ingin menjual produk skincare remaja, maka bisa menargetkan umum 14-20 tahun. Lokasinya bisa seluruh Indonesia atau terbatas di provinsi saja. Jangan lupa untuk memilih behavior atau interest terkait agar lebih maksimal hasilnya. Untuk jenis kelamin bisa memilih perempuan.
6. Pilih format iklan
Kemudian cara buat iklan di Facebook Ads adalah menentukan format iklan seperti apa. Perlu diketahui bahwa format iklan dalam Facebook Ads ini variatif, sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pemakaian. Format yang ada diantaranya carousel, single image or video, collection, dan lainnya.
Tidak hanya format iklan saja yang harus dipertimbangkan, namun dari segi penempatan pun juga harus dipertimbangkan. Terdapat dua tipe yang bisa dipakai, yakni automatic placements dan manual placement. Jangan lupa untuk memilih platform iklan akan tayang dimana saja.
7. Unggah ads
Setelahnya adalah menggundah ads yang berupa gambar dan copywriting yang sudah dibuat ke dalam kolom. Nantinya terdapat kolom yang sudah disediakan untuk menempatkan konten iklan. Nantinya pengiklan bisa melihat preview sebelum benar-benar menjalankan iklan tersebut.
8. Pembayaran iklan
Untuk cara buat iklan di Facebook Ads yang terakhir adalah pembayaran. Nantinya bisa klik billing pada bagian layar berlogo koin di menu Meta Business Suite. Terdapat beberapa pilihan pembayaran yang bisa dipakai untuk membayar tagihan iklan berjalan.
Contohnya bisa menggunakan kartu debit atau kredit visa, transfer bank, dan masih banyak lainnya. Usahakan untuk memiliki lebih dari satu metode pembayaran, sebab terkadang Facebook bisa menolak metode pembayaran yang dipilih.
9. Lakukan analisa
Iklan yang sudah tayang tetap harus dipantau untuk mengetahui hasilnya. Jangan pernah sekali-kali membiarkan iklan berjalan tanpa dipantau. Sebab bisa jadi iklan yang ditayangkan hasilnya jelek dan malah membuat anggaran jadi boncos. Tentunya hal ini sangat merugikan dari segi anggaran yang sudah banyak dikeluarkan.
Dengan melakukan analisa pada iklan yang dibuat juga bisa tahu strategi untuk selanjutnya. Analisa iklan bisa dilakukan setiap hari atau beberapa hari dalam seminggu. Asal bukan satu kali dalam sebulan, karena hasilnya bisa berbeda-beda.
Demikianlah panduan cara buat iklan di Facebook Ads yang tepat untuk diikuti. Bagi yang ingin beriklan menggunakan jasa Facebook Ads, sebaiknya pilih yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Dengan begitu bisa mendapatkan hasil maksimal dan memuaskan.