Tips Iklan Google Murah yang Tertarget untuk Bisnis Pemula

iklan-google-murah

Google tidak hanya bisa dipakai untuk mencari informasi saja. Namun juga bisa dipakai untuk beriklan dengan tujuan konversi berupa penjualan. Pemilik bisnis dapat membuat iklan Google murah dan tidak perlu mengeluarkan anggaran dalam jumlah besar.

Tips Beriklan di Google yang Murah

Terdapat banyak kelebihan jika memilih platform Google untuk beriklan, misalnya biaya iklan lebih terjangkau. Sebelum beriklan, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini agar hasilnya memuaskan.

1. Menentukan Tujuan Iklan

Satu hal wajib yang harus dilakukan sebelum beriklan adalah menentukan tujuannya secara jelas terlebih dahulu. Tentunya tiap-tiap iklan pastinya memiliki tujuan yang berbeda-beda. Dimana strategi yang digunakan nantinya pun juga harus disesuaikan. Mulai dari desain, copywriting, landing page, anggaran, dan masih banyak lainnya.

Contohnya beriklan di Google untuk penjualan, maka copywriting yang dibuat tentunya harus menunjukkan penjualan. Teknik copywriting dalam penjualan ini pun harus bisa memanipulasi orang-orang untuk melakukan pembelian.

2. Menggunakan Kata Kunci 

Lalu iklan Google murah juga membutuhkan kata kunci yang tepat dan relevan. Ketika iklan sudah tayang, maka Google akan menampilkan sesuai kata kunci yang diketik oleh pengguna. Semakin sering kata kunci yang digunakan, maka harus dipakai.

Oleh sebab itulah sebelum memulai iklan harus dilakukan riset keyword terlebih dahulu yang sesuai produk. Untuk mencari kata kunci bisa memanfaatkan beberapa tools seperti Ahrefs, Ubersuggest, Google Keyword Planner, dan lainnya.

3. Membuat Teks Iklan Menarik

Agar performa iklan Google lebih meningkat, maka harus mengulik teks iklan lebih dalam. Dalam hal ini berarti copywriting yang dipakai haruslah benar-benar maksimal. Ujung tombak dari sebuah iklan adalah copywriting. Sampaikan kelebihan/keuntungan, nama produk, harga, dll dalam teks iklan.

Pembuatan teks iklan pada Google ini dapat menggunakan teknik SEO agar jadi lebih menarik dan sesuai. Jangan lupa untuk menyisipkan keyword pada headline, meta description, dan body teks iklan. Dengan begitu akan semakin mudah ditemukan oleh pengguna Google nantinya.

4. Menyesuaikan dengan Landing Page

Usahakan iklan Google murah yang dibuat dapat mengarah ke landing page dan penawaran produknya sudah sesuai. Bisa dibayangkan jika ada orang klik iklan, tapi tidak menemukan produk atau halaman landing page. Tentunya ini akan sangat merugikan karena sudah mengeluarkan anggaran.

5. Mengoptimasi Landing Page

Jangan lupa untuk melakukan optimasi pada landing page jualan yang sudah dibuat. Buatlah landing page yang dapat memberikan informasi menarik dan mampu menggiring audience agar klik CTA. Apabila tampilan landing page membingungkan, maka tidak akan ada pelanggan yang klik CTA.

Sangat penting memperhatikan desain, kemudahan navigasi, gambar yang tidak pecah, pilih warna kontras terbaik, dll. Dengan begitu akan membuat banyak calon pembeli bisa betah membaca landing page dari awal sampai akhir. Selain itu juga bisa klik CTA dan berakhir dengan konversi penjualan.

6. Membuat Iklan Mobile Friendly

Tips selanjutnya dalam iklan Google murah adalah membuat iklan yang mobile friendly. Ini dikarenakan lebih dari 50% orang yang mengakses website menggunakan perangkat mobile. Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa potensi yang melihat iklan akan jadi lebih banyak.

Bayangkan jika ada iklan yang terpotong di perangkat mobile, tentunya akan membuat target audience jadi kesulitan mendapatkan informasi. Selain itu pengunjung akan langsung keluar dari website dan tidak akan ada yang namanya konversi.

7. Menentukan Bidding Tertarget

Kemudian pemilik bisnis juga harus mampu menentukan bidding sesuai kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Bidding sendiri adalah penawaran harga per klik untuk iklan. Untuk iklan Google biaya dihitung per klik pengunjung, jadi harus mengatur anggaran dan bidding dengan tepat.

Strategi yang bisa digunakan adalah menampilkan iklan sesuai target pasar memakai anggaran terbaik. Bidding juga bisa dilakukan secara manual, namun agar lebih mudah maka bisa memanfaatkan fitur yang ada. Contohnya Automated Bidding atau Smart Bidding dari Google Ads.

8. Melakukan A/B Testing

Dengan melakukan testing pada iklan Google murah maka bisa menentukan mana yang paling efektif agar bisa mencapai target. Mengetes iklan ini dapat dilakukan satu per satu, mulai dari desain iklan, copywriting, bidding, sampai landing page.

9. Melakukan Retargeting

Mungkin banyak yang belum paham apa itu retargeting sebenarnya. Retargeting sendiri adalah memberikan penawaran pada pengunjung yang sudah berinteraksi, tapi belum membeli. Adanya retargeting ini bisa memunculkan peluang konversi sampai 60%.

10. Memonitorinng dan Evaluasi Performa Iklan

Lalu yang terakhir adalah melakukan pemantauan pada iklan. Ketika ada iklan yang tidak efektif, maka bisa langsung dihentikan. Untuk mengukurnya bisa memanfaatkan tools Google Analytics. Tools ini bisa dipakai untuk memantau jumlah trafik, data pengunjung, dan lainnya.

Keuntungan Beriklan di Google Ads

Memanfaatkan Google Ads tentunya akan memberikan banyak kemudahan. Berikut ini beberapa keuntungan yang nantunya akan didapatkan oleh pengguna ketika beriklan di Google Ads.

1. Target Audience Lebih Spesifik

Salah satu keuntungan iklan Google murah adalah bisa membuat target audience yang lebih spesifik dan jelas. Apalagi dari segi demografis bisa mencakup lokasi, jenis kelamin, umur, perangat yang digunakan, dan masih banyak lainnya.

Semakin spesifik dan jelas target audience yang dipilih maka kesempatan untuk mendapatkan konversi akan semakin meningkat. Tujuan utama dari beriklan tentunya akan mendapatkan konversi sebanyak mungkin.

2. Biaya yang Bisa Diatur

Kemudian dari segi biaya yang digunakan beriklan pun bisa dikelola atau diatur sendiri sesuai kebutuhan. Seperti diketahui bahwa iklan akan dibayarkan jika ada orang yang klik. Jika iklan yang diklik sedikit, maka yang harus dibayarkan pun juga sedikit. Begitu pula dengan sebaliknya.

3. Hasilnya Sesuai Keinginan

Menggunakan Google Ads maka bisa menentukan konversi atau hasil campaign yang diinginkan sejak awal. Untuk konversi sendiri ada beberapa jenis seperti aktivitas di website (pembelian, pendaftaran, dll), panggilan telepon, sampai kunjungan ke toko.

Selain itu Google Ads juga menyediakan fitur yang bisa dipakai untuk mengukur hasil konversi. Dengan begitu bisa tahu apakah iklan tersebut benar-benar bekerja dengan baik atau tidak.

4. Laporan yang Akurat

Selanjutnya dari segi laporan yang diberikan oleh Google Ads sendiri sudah sangat akurat. Dengan begitu bisa melihat, mengattur, dan melakukan analisa pada iklan dan data audience secara lebih mudah serta terstuktur. Selain itu juga akan memudahakn untuk mengatur strategi iklan lain.

5. Brand Awareness Meningkat

Lalu keuntungan terakhir yang akan didapatkan dari Google Ads adalah bisa meningkatkan brand awareness. Ini dikarenakan ada banyak orang yang melihat situs di halaman pertama atau lokasi iklan lainnya. Jadi bukan hanya traffic ke website saja yang meningkat namun juga brand awareness.

Demikianlah pembahasan mengenai tips iklan Google murah yang bisa dicoba untuk pemula. Juga ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika memanfaatkan Google Ads untuk beriklan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *